Pemasaran Kopi Biji Salak (KOPLAK) di Kecamatan Ajung
Abstract
Pengembangan agroindustri merupakan langkah yang tepat dalam industrialisasi pertanian karena tidak hanya mampu mendukung kekuatan industri akan tetapi juga memberikan dampak perubahan dengan adanya nilai tambah pada produk hasil pertanian. Agroindustri pertama kali di Kabupaten Jember yang bergerak dalam bidang pengolahan biji salak menjadi minuman sejenis kopi yaitu Koplak Food. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui strategi pemasaran kopi biji salak. 2) mengetahui kendala apa saja yang di hadapi produk agroindusrti dalam memasarkan kopi biji salak. 3) mengetahui solusi produk agroindustri dalam mengatasi kendala yang di hadapi dalam memasarkan kopi biji salak. Hasil Penelitian: 1) Strategi pemasaran produk agroindustri (studi kasus di UMKM kopi biji salak di Dusun Gumuk Segawe Desa Pancakarya menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 2) Kendala-kendala yang di hadapi dalam proses pemasaran kopi biji salak di antaranya adalah: Masyarakat masih belum paham akan manfaat kopi biji salak. 3) solusi dalam mengatasi kendala: menunjukkan sertifikat hasil uji labaroratorium